SEBUTLAH DALAM HATIMU.....!!!

عليكم بـــــــــــــ

AHLUS SUNNAH WAL JAMA'ah

Do'a Kepada Kedua Orang Tua (BerikutTerjemahnya)


دعاء بـر الوالدين لابن أبي الحبّ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ



Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih



اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَمَرَنَا بِشُكْرِ الْوَالِدَيْنِ، وَالإِحْسَانِ إِلَيْهِمَا، وَحَثَّنَا عَلَى اغْتِنَامِ بِرِّهِمَا، وَاصْطِنَاعِ الْمَعْرُوْفِ لَدَيْهِمَا، وَنَدَبَنَا إِلَى خِفْضِ الْجَنَاحِ مِنَ الرَّحْمَةِ لَهُمَا، إِعْظَامًا وَإِكْبَارًا، وَوَصَّانَا بِالتَّرَحُّمِ عَلَيْهِمَا كَمَا رَبَّوْنَا صِغَاراً.



Segala puji-pujian bagi Allah yang telah memerintahkan kami bersyukur (berterima kasih) kepada kedua ibubapakkk dan berbuat baik kepada keduanya, dan yang mendorong kami atas merebut kemuliaan berbakti kepada keduanya, dan melakukan perkara ma’ruf kepada keduanya, yang menyuruh kami agar merendah diri kepada keduanya sebagai pengagungan dan penghormatan terhadap keduanya dan yang mewasiatkan kami dengan menyayangi keduanya sebagaimana mereka memelihara kami ketika kami masih kecil.



اَللَّهُمَّ فَارْحَمْ وَالِدِيْنَا ((ثلاثا))، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْضَ عَنْهُمْ رِضًا تُـحِلُّ بِهِ عَلَيْهِمْ جَوَامِعَ رِضْوَانِكَ، وَتُـحِلُّهُمْ بِهِ دَارَ كَرَامِتِكَ وَأَمَانِكَ، وَمَوَاطِنَ عَفْوِكَ وَغُفْرَانِكَ، وَأَدِرَّ بِهِ عَلَيْهِمْ لَطَائِفَ بِرِّكَ وَإِحْسَانِكَ



Ya Allah ya Tuhanku, Engkau rahmatilah (kasihanilah, sayangilah) kedua ibubapak kami (3 kali), Engkau ampunilah lagi mereka, Engkau ridhoilah mereka dengan keridhoaan yang dengannya Engkau memberikan segala keridhoanMu, dan dengannya Engkau menempatkan mereka pada negeri kemuliaanMu dan keamananMu, dan negeri kemaafanMu dan keampunanMu, dan limpahkanlah ke atas mereka akan kehalusan kebaikanMu dan keihsananMu.



اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ مَغْفِرَةً جَامِعَةً تَـمْحُوْ بِـهَا سَـالِفَ أَوْزَارِهِمْ، وَسَيِّئَ إِصْرَارِهِمْ، وَارْحَمْهُمْ رَحْمَةً تُنِيْرُ لَهُمْ بِـهَا الْمَضْجَعَ فِى قُبُوْرِهِمْ، وَتُؤَمِّنُهُمْ بِـهَا يَوْمَ الْفَزَعِ عِنْدَ نُشُوْرِهِمْ.



Ya Allah ya Tuhanku, Engkau ampunilah mereka dengan ampunan yang menyeluruh yang Engkau hapuskan dengannya kesalahan-kesalahan mereka yang telah lalu dan perbuatan-perbuatan buruk mereka yang terus dilakukan. Rahmatilah mereka dengan rahmat yang dengannya Engkau sinari tempat perbaringan mereka di kubur-kubur mereka dan Engkau amankan mereka pada hari ketakutan ketika mereka dibangkitkan.



اَللَّهُمَّ تَحَنَّنْ عَلَى ضُعْفِهِمْ كَمَا كَانُوْا عَلَى ضُعْفِنَا مُتَحَنِّنِيْنَ، وَارْحَمِ انْقِطَاعَهُمْ إِلَيْكَ كَمَا كَانُوْا لَنَا فِى حَالِ انْقِطَاعِنَا إِلَيْهِمْ رَاحِمِيْنَ، وَتَعَطَّفْ عَلَيْهِمْ كَمَا كَانُوْا لَنَا فِى حَالِ صِغَرِنَا مُتَعَطِّفِيْنَ.



Ya Allah ya Tuhanku, Engkau kasihanilah mereka atas kelemahan mereka sebagaimana mereka dulu pernah mengasihani kami atas kelemahan kami, tetaplah Engkau mengasihi mereka ketika mereka terputus dariMu sebagaimana mereka tetap mengasihani kami ketika kami dalam keadaan terputus dari mereka, dan Engkau lembutlah terhadap mereka sebagaimana mereka lembut kepada kami ketika kami masih kecil.



اَللَّهُمَّ احْفَظْ لَهُمْ ذَلِكَ الوُدَّ الَّذِي أَشْرَبْتَهُ قُلُوْبَـهُمْ، وَالْحَنَانَةَ الَّتىِ مَلَأْتَ بـِهَا صُدُوْرَهُمْ، وَالْلُطْفَ الَّذِي شَغَلْتَ بِهِ جَوَارِحَهُمْ، وَاشْكُرْ لَهُمْ ذَلِكَ الْجِهَادَ الَّذِي كَانُوْا فِيْنَا مُجَاهِدِيْنَ، وَلاَ تُضَيِّعْ لَهُمْ ذَلِكَ الْإِجْتِهَادَ الَّذِى كَانُوْا فِيْنَا مُجْتَهِدِيْنَ، وَجَازِهِمْ عَلَى ذَلِكَ الْسَـعْيِِ الَّذِي كَانُوْا فِيْنَا سَاعِيْنَ، وَالرَّعْيَ الَّذِي كَانُوْا لَنَا رَاعِيْنَ، أَفْضَلَ مَاجَزَيْتَ بِهِ السُّعَاةَ الْمُصْلِحِيْنَ، وَالرُّعَاةَ النَّاصِحِيْنَ.



Ya Allah ya Tuhanku, Engkau peliharalah bagi mereka kecintaan itu yang Engkau tanamkan pada hati-hati mereka, kasih-sayang yang Engkau penuhi dengannya dada-dada mereka dan kelembutan yang Engkau sibukkan dengannya anggota tubuh mereka. Berilah balasan kepada mereka atas perjuangan mereka mengasuh kami. Janganlah Engkau sia-siakan kesungguhan mereka di dalam mengasuh kami dan berilah ganjaran atas usaha mereka yang mereka lakukan pada diri kami dan pemeliharaan yang mereka jalankan terhadap kami dengan ganjaran terbaik yang telah Engkau berikan kepada mereka yang berusaha dan melakukan pembaikan dan mereka yang memelihara dan memberikan nasihat.



اَللَّهُمَّ بِرَّهُمْ أَضْعَافَ مَا كَانُوْا يَبَـرُّوْنَنَا، وَانْظُرْ إِلَيْهِمْ بِعَيْنِ الرَّحْمَةِ كَمَا كَانُوْا يَنْظُرُوْنَنَا.



Ya Allah ya Tuhanku, Engkau berikanlah kebaikan kepada mereka berlipat ganda dari kebaikan yang mereka berikan kepada kami dan tiliklah (pandanglah) mereka dengan penglihatan rahmat sebagaimana mereka melihat kami.



اَللَّهُمَّ هَبْ لَهُمْ مَا ضَيَّعُوْا مِنْ حَقِّ رُبُوْبِـيَّتِكَ بِـمَا اشْتَغَلُوْا بِهِ فِى حَقِّ تَرْبِـيَّتِنَا، وَتَـجَاوَزْ عَنْهُمْ مَا قََصَّرُوْا فِيْهِ مِنْ حَقِّ خِدْمَتِكَ، بِمَا آثَرُوْنَا بِهِ فِى حَقِّ خِدْمَتِنَا، وَاعْفُ عَنْهُمْ مَا ارْتَكَبُوْا مِنَ الشُّبُهَاتِ مِنْ أَجْلِ مَا اكْتَسَبُوْا مِنْ أَجْلِنَا، وَلاَ تُؤَاخِذْهُمْ بِـمَا دَعَتْهُمْ إِلَيْهِ الْحَمِيَّةُ مِنَ الْـهَوَى لمِاَ غَلَبَ عَلَى قُلُوْبِـهِمْ مِنْ مَحَبَّتِنَا، وَتَحَمَّلْ عَنْهُمُ الظُّلاَمَاتِ الَّتِي ارْتَكَبُوْهَا فِيْمَا اجْتَرَحُوْا لَنَا وَسَعُوْا عَلَيْنَا، وَالْطُفْ بِـهِمْ فِى مَضَاجِعِ الْبِلَى لُطْفًا يَزِيْدُ عَلَى لُطْفِهِمْ فِى أَيَّامِ حَيَاتِـهِمْ بِنَا



Ya Allah ya Tuhanku, kurniakanlah kepada mereka balasan yang baik atas apa yang telah mereka sia-siakan dalam hal kewajiban terhadapMu karena kesibukan mereka dalam mendidik kami, ampunilah mereka atas kekurangan mereka dalam meng’abdi kepadaMu karena mereka mendahulukan kami dalam melayani kami, ampunilah mereka atas segala perbuatan syubhat yang mereka lakukan disebabkan mereka melakukan usaha untuk kami, janganlah Engkau balas mereka atas dorongan nafsu mereka karena hati mereka dikuasai perasaan cinta kepada kami, ampunilah segala ketidak adilan yang mereka lakukannya karena mereka lakukannya untuk kami dan demi keperluan kami dan berilah kelembutan kepada mereka dalam ujian kesusahan mereka dengan kelembutan yang lebih daripada kelembutan mereka terhadap kami ketika mereka hidup bersama kami.



اَللَّهُمَّ وَمَا هَدَيْتَنَا لَهُ مِنَ الطَّاعَاتِ، وَيَسَّرْتَهُ لَنَا مِنَ الْـحَسَنَاتِ، وَوَفَّقْتَنَا لَهُ مِنَ الْقُرُبَاتِ، فَنَسْأَلُكَ اللَّهُمَّ أَنْ تَجْعَلَ لَهُمْ مِنْ صَالِحِ أَعْمَالِنَا حَظًّا وَنَصِيْباً، وَمَا اقْتَرَفْنَاهُ مِنَ السَّيِّئَاتِ، وَاكْتَسَبْنَاهُ مِنَ الْخَطِيْئَاتِ، وَتَـحَمَّلْنَاهُ مِنَ التَّبِعَاتِ، فَلاَ تُلْحِقْهُمْ مِنَّا بِذَلِكَ حُوْبًا، وَلاَ تَـحْمِلْ عَلَيْهِمْ مِنْ ذُنُوْبِنَا ذَنُوْبًا.



Ya Allah ya Tuhanku, apa yang Engkau berikan petunjuk kepada kami berupa ketaatan, apa yang Engkau mudahkan kepada kami berupa kebaikan, dan apa yang Engkau berikan taufiq kepada kami berupa pendekatan diri kepadaMu, kami memohon kepada Engkau agar Engkau berikan habuan pahala dan bahagian ganjaran kepada mereka dari amal-amal kami yang baik-baik. Manakala segala keburukan yang kami lakukan dan segala kesalahan yang kami perbuat dan kelemahan kami menurut ajaran agama, maka janganlah Engkau kaitkan dosa itu kepada meraka dan janganlah tanggungkan mereka daripada dosa-dosa kami.



اَللَّهُمَّ وَكَمَا سَرَرْتَـهُمْ بِنَا فِى الْحَيَاةِ فَسُرَّهُمْ بِنَا بَعْدَ الْوَفَاةِ.



Ya Allah ya Tuhanku, sebagaimana Engkau mengembirakan mereka dengan kami dalam kehidupan ini, maka bahagiakanlah pula mereka dengan kami setelah kematian.



اَللَّهُمَّ وَلاَ تُبَلِّغْهُمْ مِنْ أَخْبَارِنَا مَا يَسُوْؤُهُمْ، وَلاَ تُـحَمِّلْهُمْ مِنْ أَوْزَارِنَا مَا يَنُوْؤُهُمْ، وَلاَ تُـخْزِهِمْ بِنَا فِى عَسْكَرِ اْلأَمْوَاتِ لِمَا نُحْدِثُ مِنَ الْمُخْزِيَاتِ، وَنَأْتِي مِنَ الْمُنْكَرَاتِ، وسُـرَّ أَرْوَاحَهُمْ بَأَعْمَالِنَا فِى مُلْتَقَى اْلأَرْوَاحِ، إِذَا سُـرَّ أَهْلُ الصَّلاَحِ بِأَبْنآءِ الصَّلاَحِ



Ya Allah ya Tuhanku, janganlah Engkau sampaikan kepada mereka berita-berita tentang kami yang mengecewakan mereka, janganlah Engkau tanggungkan atas mereka daripada dosa-dosa kami yang memberatkan mereka, dan janganlah Engkau hinakan mereka dengan kami di hadapan tentera kematian dengan hal-hal yang membawa ke’aiban yang kami lakukan dan kemungkaran-kemungkaran yang kami kerjakan. Bahagialah ruh-ruh mereka dengan ‘amal-‘amal baik kami di tempat bertemunya segala arwah ketika orang-orang sholeh berbahagia dengan anak-anak mereka yang sholeh.



اَللَّهُمَّ وَلاَ تُوْقِفْهُمْ مِنَّا عَلَى مَوْقِفِ افْتِضَاحٍ، بـِمَا نَجْتَرِحُ مِنْ سُوْءِ اْلاِجْتِرَاحِ.



Ya Allah ya Tuhanku, janganlah Engkau tempatkan mereka dengan sebab di tempat terbukanya ‘aib karena perbuatan buruk yang kami lakukan.



اَللَّهُمَّ وَمَا تَلَوْنَا مِنْ تِلاَوَةٍ فَزَكَّيْتَهَا، وَمَا صَلَّيْنَا مِنْ صَلاَةٍ فَتَقَبَّلْتَهَا، وَمَا تَصَدَّقْنَا مِنْ صَدَقَةٍ فَنَمَّيْتَهَا، وَمَا عَمِلْنَا مِنْ أَعْمَالٍ صَالِحَةٍ فَرَضِيْتَهَا. فَنَسْأَلُكَ اللَّهُمَّ أَنْ تَجْعَلَ حَظَّهُمْ مِنْهَا أَكْبَرَ مِنْ حُظُوْظِنَا، وَقَسْمَهُمْ مِنْهَا أَجْزَلَ مِنْ أَقْسَامِنَا، وَسَهْمَهُمْ مِنْ ثَوَابـِهَا أَوْفَرَ مِن سِهَامِنَا، فَإِنَّكَ وَصَّيْتَنَا بِبِرِّهِمْ، وَنَدَبْتَنَا إِلَى شُكْرِهِمْ، وَأَنْتَ أَوْلَى بِالْبِرِّ مِنَ الْبَارِّيْنَ، وَأَحَقُّ بِالْوَصْلِ مِنَ الْمَأْمُوْرِيْنَ.


Ya Allah ya Tuhan kami, apa yang kami baca daripada al-Qur’an lalu Engkau sucikannya (beri pertambahan pahala padanya), dan sholat yang kami dirikan lalu Engkau menerimanya dan apa yang kami sedeqahkan lalu Engkau tumbuhkan (keberkatannya) dan apa yang kami amalkan daripada segala ‘amalan yang baik lalu Engkau meridhoinya, maka, kami memohon kepadamu Ya Allah ya Tuhan kami bahwa Engkau menjadikan bahagian mereka dari hal itu lebih besar daripada bahagian kami, bahagian yang mereka terima darinya lebih banyak berbanding bahagian kami, dan bahagian mereka daripada ganjaran pahala lebih melimpah daripada bahagian kami, karena sesungguhnya Engkau telah berpesan kepada kami untuk berbuat baik kepada mereka dan menyuruh kami berterima kasih kepada mereka. Engkaulah yang lebih utama dengan kebaikan daripada orang-orang yang berbuat baik, dan lebih berhak untuk dihubungi (dalam segala hal) daripada orang-orang yang diperintahkan.



اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَهُمْ قُرَّةَ أَعْيُنٍ يَوْمَ يَقُوْمُ اْلأَشْهَادِ، وَأَسْمِعْهُمْ مِنَّا أَطْيَبَ النِّدَاءِ يَوْمَ التَّنَادِ، وَاجْعَلْهُمْ بِنَا مِنْ أَغْبَطِ اْلآبَاءِ بِاْلأَوْلاَدِ، حَتىَّ تَـجْمَعَنَا وَإِيَّاهُمْ وَالْمُسْلِمِيْنَ جَمِيْعًا فِى دَارِ كَرَامَتِكَ، وَمُسْتَقَرِّ رَحْمَتِكَ، وَمَحَلِّ أَوْلِيَائِكَ، مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ، وَحَسُنَ أُوْلَئِكَ رَفِيْقًا، ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا.

Ya Allah ya Tuhan kami, Engkau jadikanlah kmai bagi mereka sebagai penyejuk mata pada hari bangkitnya para saksi, Engkau perdengarkanlah kepada mereka panggilan yang terbaik pada hari orang-orang saling berpisah, dan Engkau jadikanlah mereka ibubapakk yang paling lekat dengan anak-anaknya sehingga Engkau mengumpulkan kami dan mereka serta kaum muslimin semuanya di negeri kemuliaanMu, tempat rahmatMu, dan tempat para kekasihMu bersama orang-orang yang Engkau telah kurniakan nikmat-nikmat atas mereka daripada para Nabi, para shiddiqin, para syuhada dan para sholihin, mereka itulah teman-teman yang baik. Itulah keutamaan daripada Allah dan cukuplah dengan Allah Maha Mengetahui.



سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍالنَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.



وماتوفيقي إلابالله عليه توكلت وإليه انيب

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar dulur pada opsi Google/Blogger untuk dulur yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website dulur (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website dulur pada kotak yang tersedia.

Atau dulur bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama dulur dan URL blog/website dulur pada kotak yang tersedia.

Jika dulur tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongkan.


Gunakan opsi 'Anonim' jika dulur tidak ingin mempublikasikan data dulur. (sangat tidak disarankan). Jika komentar dulur berupa pertanyaan, maka jika dulur menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi. Afwan , salam Ukhuwah.

Sunni Muda
----------------------------------